Jumaat, 11 Februari 2011

Istilah-istilah dalam Produk Kecantikan..:-P

Produk kecantikan atau kosmetik makin mutakhir. Namun kerap kali kita tak tahu bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam ubat jerawat anda misalnya. Ingin cantik tapii salah ubat laa pulakzz. Lebih baik tggk dulu fungsi bahan kosmetik tersebut.



Istilah-istilah di bawah ini sering ditemui dalam produk kecantikan yang banyak dipasaran. Kebanyakan mereka yang mencuba beralih pada produk kosmetik tertentu tak faham secara jelas kegunaannya. Biar tak ‘buta huruf’ ada beberapa bahan penting yang harus kita ketahui. Seperti yang di bawah ini:

1. pH

pH adalah singkatan dari percentage of hidrogen yang maksudnya adalah kadar keasaman kandungan zat kimia pada produk kosmetik. Kadar pH yang tinggi sangat berbahaya bagi kulit kita. Pada awalnya produk yang mengandung pH tinggi menyembuhkan tapi kemudian akan menjadi boomerang. Demi keamanan, lebih baik gunakan produk kosmetik yang mengandungi taraf keasaman rendah.



2. Moisturizer

Bahan yang satu ini biasanya sering kita jumpai di produk perawatan dan kecantikan. Moisturizer adalah kata lain dari pelembab. Fungsi utamanya untuk melembutkan kulit ataupun rambut.

3. Aloe Vera

Bahan ini biasa juga disebut dengan lidah buaya. Aloe vera ditemui dalam produk perawatan kulit dan shampo. Biasanya semua kosmetika yang mengandung aloe vera fungsinya untuk menyejukan dan melembutkan.

4. Antioxidant

Antioxidant biasa ditemui pada produk yang berhubungan dengan kulit. Zat khusus ini melindungi kulit dari bahaya zat-zat kimia dari lingkungan sekitar. Misalnya asap ataupun asap pembakaran sampah dan lelain. Zat ini biasa terdapat pada sunblok ataupun pelembab. Antioxidant bisa juga terdapat pada buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti jeruk dan strawberry.

5. Chamomile Chamomile

adalah jenis tumbuhan yang terbukti secara klinikal mencegah peradangan pada kulit. Chamomile melembutkan dan mendinginkan kulit yang alergi. Zat ini biasanya terkandung dalam produk kecantikan seperti pelembab dan pembersih wajah. Selain untuk kulit, tumbuhan chamomile ini juga bisa menghirdarkan nyamuk.


6. Jojoba

Jojoba adalah sejenis tonik yang mengandung pelembab. Zat ini sangat sesuai untuk melembutkan jenis kulit kering. Zat ini saja terdapat dalam pelembab, pembersih wajah atau shampo.

7. Alpha hydroxyl

Jika kita memerlukan zat yang mengelupas kulit mati sekaligus melembutkan kulit baru sebaiknya kita menggunakan produk kecantikan yang mengandung zat alpha hydroxy. Zat ini paling banyak terdapat pada produk perawatan wajah yang berbentuk scrub atau pembersih wajah.

8. Astringent

Astringent adalah cairan khusus berupa toner yang berfungsi mengontrol minyak di kulit dan biasa dipakai setelah membersihkan wajah. Biasanya terdapat pada penyegar wajah.

9. Benzoyl Peroxide

Zat ini banyak terkandung pada ubat jerawat. Zat yang mengandung antibakteri ini berguna menyejukan wajah dan mengeringkan jerawat.

10. Essence

Ini adalah wewangian dasar yang biasa digunakan untuk pewangi, sabun atau produk lainnya.

11. Henna

Henna bisa menjadi pilihan kita yang ingin mengubah warna rambut. Pewarna rambut dari bahan alami tumbuhan ini biasanya digunakan untuk pewarnaan rambut permanen. Bezanya dengan cat rambut lainnya henna terbukti tidak akan merusak rambut .

Sebaiknya sebelum memutuskan akan menggunakan produk kosmetik tertentu, kita haruslah lebih teliti.

Tiada ulasan: